Profil

Penyelenggaraan Program Magister Hukum dengan Konsentrasi Hukum Bisnis dan Hukum Kenegaraan diawali dengan diterbitkannya Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 547/DIKTI/Kep/1996 tentang Pembentukan Program Studi Magister Ilmu Hukum pada Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada pada tanggal 11 Desember 1996. Dalam perkembangan diperlukan waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan baik kurikulum, tenaga pengajar maupun sarana dan prasarana untuk pembentukan suatu program studi. Oleh karena itu, Program Magister Hukum ini baru dapat dilaksanakan pertama kali Tahun Akademik 2000/2001.

Program Magister Hukum menawarkan dua konsentrasi, yakni Konsentrasi Hukum Bisnis dan Konsentrasi Hukum Kenegaraan. Konsentrasi Hukum Bisnis didisain untuk menyiapkan mahasiswa menjadi penasihat hukum korporasi (corporate lawyer), penasihat hukum di dalam perusahaan (in-house lawyer) dan penegak hukum (law enforcer) yang profesional dan berwawasan global dalam bidang hukum bisnis.

Konsentrasi Hukum Kenegaraan didisain untuk menyiapkan mahasiswa menjadi perancang peraturan perundang-undangan (legal drafter), ahli di bidang hukum konstitusi (constitutional lawyer), legal officer di pemerintahan baik pusat maupun daerah serta praktisi hukum di bidang kenegaraan lainnya.

Pada bulan Maret 2006 diterbitkan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada tentang Penyelenggaraan Program Pascasarjana yang pada intinya menetapkan bahwa Program Pascasarjana Monodisiplin berkedudukan di Fakultas sedangkan program Pascasarjana Multidisiplin diselenggarakan oleh Sekolah Pascasarjana. Kemudian pada tahun 2008 diterbitkan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 526/P/SK/HT/2008 tentang Penataan dan Penetapan Kembali Izin Penyelenggaraan Program Studi di Universitas Gadjah Mada yang di dalamnya tercantum Program Studi Magister Hukum. Berdasarkan kedua Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada di atas, maka mulai Januari 2009 Program Studi Magister Hukum berkedudukan di bawah Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, dan telah terakreditasi dengan peringkat “A” yang ditetapkan dalam Keputusan BAN-PT Nomor 1198/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2015.

Dalam rangka dalam rangka efektivitas pelaksanaan proses monitoring dan evaluasi terhadap seluruh izin penyelenggaraan program studi di UGM dilakukan peninjauan terhadap Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 526/P/SK/HT/2008 dengan menerbitkan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 437/P/SK/HT/2010 jo. Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 809/P/SK/HT/2010 tentang Penataan Dan Penetapan Kembali Izin Penyelenggaraan Program Studi Di Universitas Gadjah Mada. Pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan program studi menggunakan Sistem Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED).

Hasil dari penataan program studi di lingkungan UGM adalah perpanjangan ijin penyelenggaraan. Program Magister Hukum termasuk salah satu program yang diperpanjang ijinnya sampai dengan 20 November 2014 berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 593/P/SK/HT/2011 tentang Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Program Studi Jenjang Diploma Sekolah Vokasi, Jenjang S2 dan S3 pada Fakultas, dan Sekolah Pascasarjana di Lingkungan Universitas Gadjah Mada.

Sejak didirikan Program Magister Hukum telah memiliki visi dan misi yang sifatnya berkesinambungan untuk jangka waktu 5 (lima) tahun yang merujuk pada visi, misi, dan Rencana Strategis Fakultas. Sejalan dengan dinamika yang berkembang dan tuntutan kebutuhan masyarakat, penyusunan visi dan misi 2012 – 2017 dilakukan dengan memperhatikan hal tersebut. Penyusunan visi, misi, sasaran dan tujuan dilakukan dengan melibatkan stakeholders terkait dan alumni serta hasilnya disosialisasikan melalui website Magister Hukum.

Penyusunan visi, misi, sasaran dan tujuan dilakukan dengan mengundang stakeholders yang terkait dan alumni yang bersamaan pada acara Dies Natalis Fakultas Hukum yang ke-63 pada bulan Februari tahun 2011 di Yogyakarta. Pada saat itu, unit pengelola program magister bekerjasama dengan Program Studi mengadakan sekaligus peninjauan visi, misi dan tujuan untuk persiapan 2012 – 2017.

Visi

Menjadikan Program Studi Magister Hukum sebagai pusat pengembangan, pengkajian dan penerapan ilmu Hukum Bisnis dan Hukum Kenegaraan, serta menghasilkan lulusan dengan kemampuan mengembangkan dirinya menjadi praktisi yang professional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan hukum yang berkualitas.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang Hukum Bisnis dan Hukum Kenegaraan yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran hukum masyarakat di bidang Hukum Bisnis dan Hukum Kenegaraan.
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait.